Rabu, 13 Juli 2016

Keharusan Belajar Pidato Upacara




Judul Buku   : Pidato Upacara Setahun Penuh
Penulis          : Afnan Seno Aji
Cetakan         : Cetakan 1, Oktober 2014
Penerbit        : Araska
Tebal              : 220 Halaman
ISBN               : 978-602-300-049-4
Peresensi       : Khairul Mufid Jr*

            Pendidikan adalah merupakan aset penting bagi kemajuan sebuah bangsa. Oleh karena itu setiap warga Negara harus dan wajib mengikuti jenjang pendidikan. Baik jenjang  pendidikan anak usia dini. Pendidikan dasar, pendidikan menengah maupun tinggi.

            Dalam dunia pendidikan seorang anak dari lahir memerlukan pelayaan yang tepat dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan, dan memberi pemahaman mengenai karakateristik anak sesuai pertumbuhan dan perkembangannya akan sangat membantu dalam menyesuaikan proses berlajar bagi anak usia dini, kebutuhan, dan kondisi  masing-masing, baik secara intelektual, emosional dan sosial.  


            Pendidikan adalah salah satu langkah penting untuk mempersiapkan generasi bangsa menuju Indonesia gemilang. Pendidikan dilaksanakan mulai dari tingkat taman kanak-kanak sampai perguruan tinggi. Namun, pada saat ini hanya diwajibkan pendidikan dasar 9 tahun.

Wajib belajar sembilan tahun hanya bermuatan untuk mencerdaskan IQ saja. Sehingga sayang sekali, ini memang sudah terjadi bertahun-tahun silam. Pendidikan karakter lenyap begitu saja kebudayaan kita yang luhur tercerabut dari anak bangsa karena sistem pendidikan yang kurang tepat.

            Untungnya dalam keterceburan karakter anak bangsa, masih ada nilai-nilai kedilan sebagai bangsa timur yang coba ditanamkan melalui amanat upacara bedera merah putih yang dilaksanakan setiap hari senin. Meskipun tidak lebih dari setengah jam, amanat upacara dihadapkan mampu memberikan pencerahan bagi mental siswa-siswa pada saat pendidikan dasar menengah.

            Namun demikian, pencerahan secara konkret hanya ada pada saat amanat upacara disampaikan oleh pembina upacara. Dalam amanat itu, seseorang pembina upacara menyampaikan hal-hal penting yang menyangkut sikap, prilaku, dan kepribadian siswa. Jika pidato upacara dilakukan dengan baik maka beruntunglah siswa-siswa itu karena mendapat nasihat yang baik. Tetapi, jika pidato upacara hanya sebagai formalitas saja maka siswa-siswa itu harus memenuhi kebutuhan mental dan spiritual di luar sekolah.

            Buku yang disusun dengan bahasa yang ringan ini menyajikan berbagai model dan tema amanat atau pidato upacara bendera yang diselenggarakan setiap hari senin. Tema-tema yang disajikan adalah seputar permasalahan kehidupan anak-anak dan remaja, tema-tema kedisiplinan, tata karma dan sopan santun, ketertiban, dan lain sebagainya semuanya disajikan lengkap dalam buku ini.

            Dalam buku ini juga bersifat memotivasi siswa-siswa, disajikan dengan amanat upacara bendera yang bertema pertingatan atau perayaan hari-hari besar nasional Indonesia, disertai juga dengan tips dan trik dalam persiapan pidato, dan tips/trik berpidato yang baik. Dengan tidak menghilangkan esensi buku yang bertujuan untuk membentuk karakter bangsa yang berprestasi tinggi namun tetap menunjang nilai-nilai budaya ketimuran dapat kita wujudkan. Akhirnya selamat membaca!


UMY 2014

Share:

0 komentar:

Copyright © LAJANG KEMBARA | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com