Judul
Buku : Hypnotic For Marketing
Penulis
: Baha Zarkhoviche
Cetakan
: Cetakan 1, November 2014
Penerbit
: Araska
Tebal : 176 Halaman
ISBN : 978-602-300-055-5
Peresensi
: Khairul Mufid*
Hipnosis adalah sebagai suatu
tindakan yang membuat seseorang berada dalam keadaan tak sadarkan diri, hipnosis
juga dapat diartikan sebagai suatu seni berkomunikasi dengan alam bawah sadar
manusia. Sementara hipnotis sendiri merujuk pada orang yang memiliki keahlian
dalam melakukan proses hipnosis. Namun pada hakikatnya hipnosis dan hipnotis
memiliki kesamaan dan kedekatan arti secara parsial. Sehingga sering kali kita
keliru menempatkan kedua istilah tersebut dan mengaburkan arti yang sebenarnya.
Seorang pakar hipnotis terkemuka
asal Amerika Serikat, Ormond McGill (1913-2005) dalam bukunya The New
Encyclopedia of Stage Hypnotisme (1996) memaparkan pengertian hipnosis
sebagai sebuah kondisi di mana pikiran bawah sadar manusia (subconscious) lebih
memegang peranan dibandingkan dengan keadaan normal. Dengan kata lain, kondisi
kesadaran seseorang akan diambil alih oleh pikiran bawah sadarnya ketika ia
berada di bawah pengaruh hipnosis.
Dan apa jadinya kalau hipnosis atau
hipnotis digunakan dalam ekonomi pemasaran. Jawabannya adalah baik, menjanjikan,
dan dapat menambah keuntungan berlipat. Karena hypnotic for marketing (hipnosis
untuk pemasaran) merupakan metode
hipnosis modern yang diterapkan dalam hal pemasaran (markering) suatu
produk. Dalam praktik pemasaran kegiatan hipnotis itu sendiri metitik-beratkan
pada pola komunikasi yang dilakukan secara efektif dengan cara-cara persuasive oleh
pihak marketing atau sales terhadap calon pembeli. Hanya saja
metode komunikasi di sini difokuskan pada pikiran bawah sadar calon pembeli
tanpa melibatkan unsur magis atau kekuatan supranatural dan adikodrati.
Maka untuk menjawab kegelisahan, dan
kehausan kita sebagai (produsen, pedagang, penjual), atau masyarakat umum supaya
dipantik memiliki jiwa wira-usaha (interpreneurship). Perlunya untuk
membaca buku mini karya Baha Zarkhoviche ini. Karena dalam buku setebal 176
halaman ini memiliki trik dan metode modern dalam memecah permasalahan
pemasaran dan penjualan produk.
Hadirnya buku Hypnotic for
Marketing bukanlah untuk mengajak Anda untuk mendikte calon pembeli agar
menuruti semua permintaan yang diinginkan oleh tenaga pemasaran. Hypnotic
for marketing sejatinya adalah sebuah cara untuk mempengaruhi emosi dan
prilaku pembeli atau prospek agar mudah percaya dan membeli barang atau jasa
yang ditawarkan.
Tujuan dari sebuah proses pemasaran (marketing)
adalah untuk mencapai omzet penjualan yang signifikan dan menguntungkan. Maka
dalam proses penjualan peran dari seorang salesperson (penjual)
sangatlah penting. Seorang salesperson yang kompeten di bidangnya akan
mampu mengantarkan sebuah perusahaan mencapai tujuan yang diinginkan.
Untuk menjaga seorang salesperson
propesional memang tidak mudah dan mesti banyak belajar. Dalam hal ini Anda
bisa mempelajari hypnotic for marketing. Teknik hypnotic for
marketing selain akan menjadikan Anda seorang penjual propesional juga akan
meningkatkan omzet penjualan yang menjadi cita-cita bagi setiap perusahaan.
Atas dasar itulah buku ini hadir di
hadapan pembaca sekalian. Buku ini menghadirkan berbagai pembahasan penting
terkait dengan penggunaan hipnosis dalam dunia marketing. Di mana, setiap
pembahasan dalam buku ini disatukan dengan bahasa yang renyah dan tidak
berbelit-belit. Sehingga sangat mudah dipahami, meskipun bagi Anda yang baru
mengenal kata “hipnosis” akhirnya selamat membaca.
0 komentar:
Posting Komentar